Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

2.24.2012

Istilah "PC" pada RAM dan efeknya


RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap dan tidak memperdulikan letak data. Istilah RAM disini bukanlah tempat media penyimpanan data pada umumnya, seperti hardisk, flashdisk, floppydisk, dan media lainnya. Jika anda pernah membongkar suatu komputer/Laptop pada bagian RAM, pasti anda melihat istilah PC, dan apa itu PC pada RAM? Kenapa setiap RAM memiliki PC yang berbeda?

Misalkan kita punya 2 perangkat RAM, pada RAM pertama memiliki PC2700, kemudian RAM kedua memiliki PC3200, apakah akan ada dampaknya jika kita memasang RAM dengan PC yang berbeda, dan apakah PC tersebut harus sama kisarannya?
mari kita bahas bersama.


Fungsi PC pada RAM pada umumnya untuk suatu loading data yang sedang kita proses. PC itu merupakan kode penulisan untuk kecepatan RAM. Pada intinya, kalo anda ingin tahu kecepatan pada RAM bisa dilakukan dengan cara, (bilangan PC dibagi dengan 8).
Misal, untuk RAM DDR2 PC 6400, berarti bilangan PC dibagi 8 (6400/8 = 800 Mhz).
Aturan tersebut telah disepakati antar pabrik PCB RAM.

Jika PC RAM anda semakin tinggi, maka kecepatan RAM untuk menulis dan menghapus data akan semakin cepat prosesnya.
Jika anda memiliki 2 RAM dengan PC yang berbeda, maka RAM yang digunakan sebagai refrensi adalah PC yang terendah, namun terkadang jika kita memakai PC yang berbeda tidak ada masalah, hanya saja frekuensi yang terdeteksi adalah frekuensi yang paling rendah.

Misal, kita memiliki 2 RAM dengan PC yang berbeda. Pada RAM pertama memiliki PC3200 dan RAM kedua PC2700, maka PC3200 (PC yang lebih besar) akan mengikuti PC2700 (PC yang lebih kecil), dan kecepatan akan sedikit berkurang.

Berikut ini tips and trik bagi anda yang ingin meng-upgrade RAM anda, baik itu PC desktop maupun laptop:

1. Gunakan RAM dengan kecepatan yang sama.

Tingkat kecepatan suatu RAM dinyatakan dalam PC, misalnya PC 8500, PC 10600. Jadi gunakan RAM dengan nilai PC yang sama dengan RAM lama. Misalnya RAM lama kecepatannya PC 5300, maka RAM baru juga PC 5300.
RAM komputer yang lebih cepat selalu menyesuaikan kecepatannya dengan RAM yang lebih lambat.

2. Manfaatkan fitur dual channel.

Motherboard biasanya memiliki 4 slot untuk RAM. Dengan memiliki 2 keping RAM, anda bisa menggunakan fitur dual channel yang memberikan laju transfer data lebih cepat dibandingkan 2 keping RAM pada single channel. Caranya dengan memasang RAM pada 2 slot yang sama warnanya. Slot 1 dan slot 3, atau slot 2 dan slot 4. Hal ini juga berlaku pada laptop yang memiliki 4 slot.
Untuk mengaktifkan fitur ini, kedua RAM harus memiliki kecepatan yang identik satu sama lain.

3. Perhatikan juga timing RAM-nya, usahakan identik.
Selain PC, kecepatan RAM juga dinyatakan dalam cl (clock) timing.
Di kemasan RAM ada tulisan kombinasi 4 angka, bisa juga dengan koma, misalnya 7 5.5 7 12. Itu merupakan clock speed RAM. Untuk mengetahui clock speed RAM yang sedang anda pakai, bisa menggunakan freeware CPU-z.


Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul:

- RAM dengan spesifikasi sama tapi beda merk?
Lebih baik kalau sama merk, namun jika tidak memungkinkan gunakan RAM dengan kecepatan yang sama, beda merk tidak masalah. Cuma terkadang tidak bisa mendukung dual channel.

- RAM lama saya PC 5300, RAM baru PC 10600. Kecepatan manakah yang akan dioperasikan?
Kecepatan pada kedua RAM akan disamakan, yaitu PC 5300. RAM yang lebih cepat akan menyesuaikan kecepatannya dengan RAM yang lebih lambat.

Courtesy Of :
* http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6666219
* http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com/2011/08/tips-meng-upgrade-ram-di-komputer.html


9 comments:

Eko Kurniady said...

bagus, artikelnya sangat membantu.
makasih mas.

Unknown said...

penjelasnnya sangat jels dan singkat
www.suksesindopromosi.com

Dian said...

makasiih gan infonya

MiftakhulJ said...

terima kasih infonya

Unknown said...

Maksud dari 2Rx8 8500U apa gan??
Sankyuu

Cholid Hatta said...

cara melihat "PC" itu gimana gan?

LOVELYZ TRILOGY said...

ok min
power supply hp

Pohong749 said...

Gan misal kalau mobo ku support pc 800
Lalu aku kasih yang pc nya 5300 itu gimana??

meet said...

maksih artikelnya sanagat membantu orang awam seperti saya

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)