Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

4.20.2012

Pembuatan Website Menggunakan Dreamweaver 2004 MX

Asslamualaikum… Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan proses pembuatan web dengan menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver MX 2004. Sebelumnya, proses pengerjaan web ini merupakan pelajaran dari softkill sebagai syarat untuk mendapatkan nilai pada semeseter 4 ini. Langsung saja pada pembuatan web, sebelumnya pastikan aplikasi Macromedia Dreamweaver MX 2004 sudah terinstal dengan benar. Berikut ini merupakan tampilan awal aplikasi Macromedia Dreamweaver MX 2004


Pada kali ini, saya tidak menggunakan code dari html pada template web, melainkan saya menggunakan tempalate yang sudah ada dengan tampilan awal sebagai berikut :

Selanjutnya dengan tampilan ini, saya akan mengubahnya dengan tampilan yang saya inginkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver MX 2004.




Langkah pertama ialah saya tidak akan mengubah layout pada tampilan web awal tersebut, tetapi hanya akan mengubah konten dan isi dari web, kemudian menggantinya sesuai yang di inginkan.
Misal Jika Ingin mengganti Judul utama pada web, maka kita hanya mengarahkan judul yang kita inginkan, contohnya seperti ini :

Pada tanda merah di atas, kita bisa langsung mengganti judul sesuai yang di inginkan. Tampilan setelah mengganti judul :


Langkah selanjutnya ialah, kita akan mengganti konten yang diinginkan sesuai tema, pada kali ini saya akan membahas tentang jenis music. Pada kali ini saya menggunakan 3 konten, yaitu Beranda (Tampilan awal web), Aliran Musik (jenis-jenis music yang akan dibahas), serta Info Lain (Informasi tentang musik). Berikut merupakan tampilannya

Untuk memasukan gambar seperti di atas, lakukan langkah seperti berikut :
è Klik posisi gambar yang di inginkan
è Lalu Insert-Image, dan pilih gambar yang diinginkan, seperti gambar di bawah ini

 

Pada pengerjaan web ini, saya menggunakan gambar dengan format tipe .jpg dan .gif. Pada gambar tipe .jpg, gambar tersebut bersifat statis (diam), sedangkan pada gambar tipe .gif merupakan gambar bersifat dinamis (gerak). Dalam memasukan suatu gambar yang lainnya, langkah-langkah tersebut telah mewakili gambar yang lainnya untuk memasukan gambar. Kemudian dalam memasukan suatu artikel, kita hanya copy suatu artikel, kemudian kita paste artikel tersebut.
Pada intinya, jika kita ingin menaruh suatu artikel, kita hanya mengarahkan kursor, kemudian kita paste artikel tersebut. Jika ingin mengganti jenis, ukuran, warna huruf, kita arahkan kursor tersebut seperti gambaran di bawah ini :

è Arahkan kursor ke bagian atas
è Modify-Page Properties
è Ubah format tulisan sesuai keinginan anda



   Pada pengerjaan web ini, artikel yang saya tampilkan adalah music. Walaupun jenis-jenis music cukup banyak, tetapi pada bagian konten Aliran Musik saya hanya menjabarkan tentang music Reggae, Rock, Pop, dan Jazz. Untuk membuat halaman baru, kita hanya meng-copy halaman awal web html tersebut (index.html), kemudian kita ganti dengan halaman yang baru, lalu kita isi halaman web tersebut sesuai yang kita inginkan.
    Hal ini di maksudkan agar mudah dalam melakukan proses pengerjaan tanpa membuat tampilan  web yang  baru.
     Berikut tampilan awal pada konten Aliran Musik :

  
 Pada saat mengarahkan kursor ke Reggae, maka akan menampilkan halaman tentang awalnya music reggae. Untuk melakukan link, berikut langkah-langkahnya :
è block pada bagian Reggae
è Jika sudah, klik kanan pada bagian Reggae, pilih Make Link
è Pilih halaman web yang ingin di hubungkan (misal, regae.html)
è Jika sudah klik OK.


    Jika langkah tersebut sudah dilakukan dengan benar, maka pada saat kita klik Reggae pada halaman Aliran Musik, maka secara otomatis akan masuk ke halaman web Regae.html. Berikut ini merupakan tampilan Reggae.html



Jika ingin melakukan hubungan (hyperlink) dengan halaman web yang lainnya, langkah tersebut telah mewakili cara lainnya. Cukup mudah dengan melakukan hal tersebut, jika kita lebih teliti dalam melakukan hal tersebut dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan ini.

Langkah-langkah tersebut merupakan pembuatan web dengan menggunakan program Macromedia Dreamweaver MX 2004 yang saya buat. Semoga langkah-langkah tersebut dapat di pahami.
Terima kasih.

Wassalamualaikum

7 comments:

Bloglawas said...

Ijin share gan

http://www.ebsof.com/2012/08/membuat-website-menggunakan-dremweaver.html

Vivre Devise said...

oke gann....
sama-sama

terima kasih udah silaturahmi ke blog ane....
moga bermanfaat ilmunya.

AMIN

Unknown said...

tutorialnya kurang jelas gan bagi orang awam kaya saya........makasi

Vivre Devise said...

maap-maap gan,
kite juga binggung ngerangkai katanya kayak gimane,
di usahakan ane perbaiki gan.

terima kasih atas sarannya.

Unknown said...

klo membuat web baru cara nya gimana tanpa menggunakan template

Vivre Devise said...

itu make kodingan PHP gan.
kalo itu, ane juga kurang paham gan.

coba broswing aje di gooogle gan,

Unknown said...

Macromedia yg digunakan th 2013 ke atas masih MX ato Cs 8 gan?

fmizar.blogspot.com

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)