Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

11.17.2010

Pemuda dan Sosialisai

1. Internalisasi Belajar dan Spesialisasi

Masa remaja adalah masa transisi dan secara psikologis sangat problematis dan para remaja itu sendiri. Jika terjadi seperti ini, banyak perilaku yang menyimpang atau cendrung melakukan pelanggaran dan norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar, sedangkan kondisi ini juga memungkinkan mereka menjadi sasaran pengaruh media massa.Masa remaja merupakan periode peralihan dari masa kanak-kanak menujuk masa dewasa yang ditandai oleh beberapa cara. Cara pertama adalah keinginan mencari jati diri (identitas diri), yang kedua adalah kemampuan melepas diri dai ketergantungan orang tua, dan yang ketiga adalah memperoleh aksetabilitas di tengah sesama remaja.

2. Pemuda dan Identitas

Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Pemuda dapat diartikan sebagai generasi penerus karena harus mengisi dan melasungkan estafet pembangunan secara terus menerus.
Pemuda memiliki potensi yang melekat pada dirinya dan sangat penting sebagai sumber daya manusia.
Proses sosialisasi generasi muda adalah proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri ditengah kehidupan masyarakat. Seorang pemuda harus kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagai kegiatan agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan mampu mengendalikan diri dalam hidupnya, menjaga ego dan emosi, serta mempunyai motivasi sosial yang tinggi.

3. Perguruan dan Pendidikan

Pada kenyataan ini, negara yang sedang berkembang masih menemukan kendala dalam mennyelenggarakan pengembangan tenaga usia muda melalui pendidikan. Kekurangan tenaga terampil itu terasa, manakala negara tersebut berambisi untuk mengembangkan dan memanfaatkan sumber alam yang mereka miliki, misalnya saja negara Indonesia, Bagian negara Afrika, dan lain-lain.
Pembinaan pendidikan sedini mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan bakat-bakat dari generasi muda. Contohnya saja melakukan kegiatan lomba karya ilmiah yang diikuti oleh generasi muda. Cara ini sangat baik untuk memacu dan semangat mereka dalam mengembangkan daya kreatifitas.

0 comments:

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)