Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

12.02.2010

Janganlah sungkan mengucapkan salam

Memang benar, yang utama dan paling utama pada saat kita berjumpa dengan orang, bertamu ke rumah orang, maupun melakukan komunikasi, kita hendaknya mengucapkan salam dengan lengkap. Akan tetapi ucapan “Assalamu’alaikum” itu ajaran Islam. Meskipun saat ini banyak dipakai orang non Islam, tetapi ucapan tersebut tetap menjadi ajaran Islam dan bukan berarti kita tinggalkan.


Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A bahwasannya seseorang melewati Rasulullah, sedangkan beliau sedang duduk dalam majelis, maka laki-laki itu berkata :”Assalamu ’alaikum!” maka Rasulullah SAW bersabda :”Dia telah mendapatkan sepuluh kebaikan.”
kemudian seorang laki-laki lain berlalu sambil berkata :”Assalamu ‘alaikum warahmatullah” Rasulullah SAW bersabda :”Dia telah mendapatkan dua puluh kebaikan.”
Kemudian, laki-laki yang lain berkata :”Assalamua ’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” Rasulullah SAW bersabda ia telah mendapatkan 30 kebaikan”
( HR. At-Tirmidzi no.2689 dan beliau berkata :”Hadits hasan shahih gharib”, dan diriwayatkan Al-Bukhari dalam adabul mufrad no 986, dan albani berkata :”Hadits ini shahih.” Dan diriwayatkan juga oleh Ahmad no.19446, dan Ad-Darimi no.2640)

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam tata cara berhubungan dengan orang lain, baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, maka hendaklah mengucapkan salam. Memang, zaman sekarang sudah di bumbuhi bahasa modern (bahasa gaul gituu.,.,)
Misalkan saja "Hai broo.," "Watsab menn.,. " dan lain-lain.
Janganlah sungkan dengan hal ini, karena disisi lain kita bisa saling menghargai satu sama lain, baik tua atau pun muda, baik kaya ataupun miskin, semua sama dimata Allah SWT.
Mengenai Copy paste, lebih baik memilih menulis ulang meskipun hanya “Assalamu’alaikum”, karena ketika kita menulis, maka otomatis kita juga mengucapkan salam tersebut (minimal di batin.. ) kalau copy paste belum tentu..
Jadi sedikit menulis dan hanya perlu beberapa detik, saya rasa bukan suatu hal yang menyusahkan..
gitu repot kok ajaa,.,.,

refrensi >>> http://kautsarku.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)