Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

9.30.2011

Dampak Positif dan Negatif Dari Internet

Manfaat pengguna dari internet pada saat ini sangatlah pesat dan mudah dalam penggunaanya. Disamping banyak manfaatnya, akan tetapi dampak dari internet sangatlah bahaya apabila kita tidak mengetahui dari sisi negatifnya, khususnya para pengguna internet pemula. Untuk meminimalkan kemungkinan terjadi tindak kejahatan di internet, haruslah diperlukan teknologi security ( teknik pengaman ) yang baik. Khususnya untuk system dan mesin enkripsi ( penyandian ).

Harus diingat, walaupun internet telah berkembang ke seluruh pelosok dunia secara global dan tidak mempunyai batas-batas negara, kejahatan yang mungkin timbul masih tetap mempunyai ciri dan cara yang bergantung kepada negara / daerah tempat si pelaku berada, yaitu cara berfikir, cara pandang, moral, norma kehidupan dan pergaulan, serta factor-faktor lainnya.
Ada beberapa alasan, mengapa kejahatan di internet sangatlah marak :
• Internet adalah wilayah bebas, tak ada pemerintahan dan hukumnya
• Akses user dari kamar (tempat terpencil) dan lemahnya pengawasan dari orang lain, sehingga nafsu pribadilah yang akan menguasai user.
• Kurangnya kesadaran dari pengguna internet tanpa memikirkan dampaknya.
• Belum adanya standar keamanan manajemen jaringan internet.



Dampak positif dari internet :


1. Internet dewasa ini telah digunakan sebagai median dalam tranformasi ilmu, sekarang banyak sekali lembaga penndidikan yang memanfaatkan internet sebagai media membelajaran melalui e-learning, melaksaksanakan ujian secara online, mengisi pendaftaran mahasiswa baru, melakukan pembayaran, mengerjakan tugas, dan lain lain.

2. Internet sebagai tempat suatu hiburan. Contohnya saja mendengarkan musik , bernmain game, menonton video, bermain virtual music, mengedit suatu foto dan video, dan lainnya.

3. Internet sebagai sarana komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh

4. Dalam bisnis, internet sudah digunakan oleh banyak perusahaan sebagai media promosi, berhubungan langsung dengan shareholders, melaporkan kinerja perusahaan, dan banyak hal lain yang bisa perusahaan lakukan.

5. Internet digunakan sebagai media pertukaran suatu atau informasi, baik itu menerima ataupun mengirim data. Contohnya saja pengguna e-mail,newsgroup.


6. Internet dapat mudah dan efisiensi biaya dengan biaya yang murah. Selain itu juga berfungsi untuk mempromosikan produknya melalui web-web yang mereka bangun dengan biaya yang murah.




Dampak negatif dari internet :
1. Dampak pornografi, karena mudah sekali diakses melalui internet dengan biaya murah. Hal ini akan berdampak pada pengguna internet apabila tidak dicegah dengan hati yang bersih dan suci, dan hanya mengandalkan hawa nafsu.

2. Internet sebagai sarana tempat berjudi, karena hal ini sangatlah mudah dan terkadang sulit sekali untuk dilacak apabila suatu aparat merazia tempat perjudian, karena melalui internet bisa diakses melalui apa saja, kapan saja, siapa saja, dan dimana saja. Ada ada saja yaa.,.,.

3. Penipuan di internet saat ini sangatlah marak terjadi, dikarenakan adanya kemudahan transaksi tanpa bertemu langsung, dan kemudian berujung pada mudahnya seseorang di tipu oleh orang lain.

4. Adanya sifat kecanduan dalam internet, hal ini sangatlah berbahaya karena dia terus mengeluarkan uang tanpa adanya kesadaran dan berdampak pada pemborosan. Jika dia memiliki uang, maka segala cara di halalkan, misalkan saja mencuri uang orang tuanya, dan melakukan aksi criminal lainnya. Selain itu, orang tersebut bisa terpaku seharian di internet tanpa tahu apa yang ada di lingkunagnnya, hal ini memang cukup berbahaya jika terjadi, untuk itulah jia anda seorang netter, sebisa mungkin luangkan waktu untuk sekedar berbincang atau bercakap-cakap dengan masyrakat sekitar.

5. Internet dapat juga membuang waktu secara percuma, karena jika bermain internet, dia lupa waktu dan lainnya.




Kesimpulan :
• Internet yang semakin mendunia dan menjajikan berbagai kemudahan akses ke seluruh dunia yang terhubung lewat jaringan, belum benar benar aman, khususnya untuk keamanan di sector bisnis, perdagangan, pertemanan, dan lain lain.
• Masih adanya kelemahan di system computer dan dan jaringan internet, yang biasa dimanfaatkan oleh cracker.
• Implementasi security yang belum memadai di semua tingkat jaringan internet.
• Belum adanya peraturan Undang-Undang di internet, sulit dalam penangkapan, pengadilan, dan hukuman atas si pelaku.
• Pasar industry security informasi masih terbuka lebar, selebar pasar internet yang terus berkembang.
• Internet hanyalah sarana komunikasi, gunakan internet sebaik mungkin dan jangan sampai salah penggunaanya. Semua terjadi karena ada niat dan kesempatan.,.,.,.!!!!


Narasumber :

• Buku Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (Penerbit Swadaya Murni 2006)
• Panduan Teori dan Praktikum Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (Penerbit Yrama Widya Bandung 2005)

0 comments:

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)