Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-auto-readmore-di-blog.html#ixzz2h0XRxHvu Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook

9.30.2011

Pengenalan dan Sejarah Internet

Pada abad ke-17, sudah mulai ditandai dengan adanya suatu system mekanik yang mengiringi revolusi industry dan peradaban suatu system komunikasi pada saat itu. Pada abad ke-19 di dominasi dengan peranan mesin uap untuk pembangkit daya, kemudian pada abad ke-20 sudah mulai didominasi dengan teknologi elektronik, diantaranya radio, TV, serta computer yang berperan penting dalam pengumpulan pengolahan dan media distribusi informasi. Untuk menyebebarkan dan mendapatkan suatu informasi pada saat itu menggunakan teknologi internet, walaupun teknologi internet belum canggih seperti saat ini.


Pada tahun 1950-an, penggunaan internet digunakan sebagai pembangunan proyek untuk keperluan militer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek yang diberi nama ARPANET ( Advance Research Project Agency Network ) yang pada saat itu berbasis UNIX. Pada saat itu, perang dingin antara Amerika Serikat dengan Negara Uni Soviet sedang mencapai puncak perangnya, kemudian masing-masing negara membuat antisipasi atas segala kemungkinan akibat perang yang mungkin akan terjadi akan peperangan tersebut tidak meluas ke negara-negara lainnya.


Pada tahun 1967, disain awal ARPANET diterbitkan, kemudian pada tahun 1969, DOD ( Departmen Of Defence ) Amerika Serikat menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah computer, sehingga membentuk jaringan organic ( program ini dikenal dengan nama ARPANET ). Saat itu internet juga digunakan oleh antar laboratorium untuk penelitian teknologi di beberapa institusi pendidikan dan lembaga penelitian yang dilakukan oleh DARPA ( Defence Advance Research Projects Agency )


Pada awal tahun 1980a-an terjadi perkembangan yang pesat pada internet yang terhubung ke jaringan global tanpa batas, mulai dari anggota masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan kecil, hingga perusahaan besar. Dengan adanya system jaringan computer, beberapa perusahaan besar telah membuat peralatan jaringan computer yang berfungsi untuk memudahkan para pekerja yang bergerak dibidang computer, bisnis, perkantoran, dan lainnya. Banyak perusahaan yang menerapkan system computer berbasis jaringan agar lebih effisien dalam melakukan pekerjaannya.


Pada tahun 1998, pengguna email telah dapat dikirim ke 150 negara lebih di dunia dan dapat menjangkau 100 negara, kemudian pengguna di seluruh dunia pun diperkirakan telah mencapai 60 juta orang, atau 5 % dari jumlah total seluruh penduduk dunia, lalu pada tahun 1999 pengguna internet diseluruh dunia hingga bulan Mei sudah mencapai 163 juta orang. Dampak pengguna internet sangat cepat disamping penggunaan yang mudah, praktis, dan ekonomis dari semua bidang.


Narasumber :
• Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi (Penerbit Yudisthira 2009)
• Buku Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (Penerbit Swadaya Murni 2006)

0 comments:

Post a Comment

pe'sing (pesan singkat)